Belajar Tema 2 Subtema 1 Kelas 6 Pembelajaran 5

Muatan Pelajaran IPS

3.4  Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

4.4  Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.


SELAMAT JUMPA KEMBALI ANAK-ANAK HEBAT KELAS 6!
Apa kabar kalian semua? Tetap cuci tangan memakai sabun di bawah air mengalir, ya! Jangan lupa memakai masker dan menjaga jarak. Demi kesehatan kita bersama. 

Pada pelajaran sebelumnya kalian sudah belajar tentang proses proklamasi kemerdekaan hingga sampai pada puncaknya yaitu pembacaan teks proklamasi kemerdekaan. Pada tahun ini, kita sudah memperingatui kemerdekaan kita sebanyak berapa kali?

Dengan demikian, berapa usia negara kita saat ini? Ya, 75 tahun. Kita sudah merdeka selama 75 tahun. Apa makna proklamasi bagi bangsa Indonesia dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, mari ikuti uraian berikut ini! Catatlah hal-hal yang penting pada buku Catatan IPS-mu!



Peristiwa proklamasi kemerdekaan NKRI berlangsung singkat. Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan didampingi Moh. Hatta di Jl. Pegangsaan Timur 56 Jakarta pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 jam 10.00 WIB. Dilanjutkan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih oleh Pemuda Suhud dan eks Shudancho Latif Hendraningrat.

Upacara diakhiri dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Meski berlangsung singkat, namun peristiwa proklamasi kemerdekaan mengandung arti sangat penting dan membawa perubahan sangat besar dalam kehidupan bangsa Indonesia, yaitu:

  1. Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaannya.
  2. Dengan proklamasi berarti bangsa Indonesia mendapat kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri sebagai bangsa yang berdaulat. 
  3. Proklamasi merupakan jembatan emas untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Nah, itulah makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan kita diperoleh melalui perjuangan yang panjang. Para pendahulu kita berasal dari berbagai daerah, berbagai suku bangsa, beragam bahasa, dan berbeda-beda agama. Namun perbedaan itu tidak membuat mereka terpecah-belah. Silakan baca uraian pembelajaran sebelumnya, ya!

Bagaimana kita menerapkan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari?

Mari kita baca bacaan berikut ini! (Buku siswa halaman 32)


Apa yang direncanakan Edo dan kawan-kawan?
Apa yang ingin mereka kenalkan?
Permainan apa yang akan Edo dan kawan-kawan perkenalkan?
Bagaimana sikap Edo dan teman-temannya terhadap kebudayaan Indonesia?

Bagaimana jawabanmu?

Edo dan teman-temannya akan merencanakan akan mengikuti festival budaya.
Mereka ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia.
Mereka akan memperkenalkan permainan rangku alu.
Sikap Edo dan teman-temannya terhadap kebudayaan Indonesia adalah bangga dengan kebudayaan Indonesia.

Setelah kalian baca teks di atas dan telah menjawab pertanyaan di bawahnya, pada halaman 33 buku siswa yang kalian miliki ada pertanyaan sebagai berikut!



Di sana terdapat pertanyaan atau perintah.

  1. Ceritakan tentang makna Proklamasi Kemerdekaan yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya!
  2. Apa yang kamu pelajari dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna Proklamasi Kemerdekaan?
  3. Berikan  contoh  penerapan  makna  Proklamasi  Kemerdekaan  dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!

Silakan diskusikan dengan teman sekelompokmu!





Selain Rangku Alu banyak sekali seni budaya di Indonesia. Cinta terhadap seni Indonesia merupakan perwujudan dari makna Proklamasi Kemerdekaan. Dalam mewujudkannya, kamu membutuhkan kerja sama dengan orang lain.

Indonesia memiliki ragam tarian yang sangat indah. Keragaman tersebut menambah kekayaan Indonesia yang luar biasa.

Pada pelajaran sebelumnya, kamu sudah belajar tentang pola lantai tarian daerah dan mempraktikkannya.
Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya!



Tari Seudati dari Aceh




Tari Andun dari Bengkulu



Tari Tandak dari Riau



Tari Tambun dan Bungai dari kalimantan Tengah




Bagaimana Tari-tari di atas, bagus bukan?

Pada buku, kalian hanya melihat gambar. Selain gambar Pak Guru tampilkan penampilan tari-tarian di atas dari channel youtube.

Nah bagaimana pola lantai penari pada tari-tarian di atas?

Yuk simak video berikut!



Nah, silakan kalian catat tari yang ditampilkan pada video di atas beserta pola lantainya! Tulislah pada buku catatan SBdP kalian!

Selamat bekerja anak-anak. Semoga pembelajaran kali ini menyenangkan!





Susanto
Guru Kelas 6 SDN Mardiharjo




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut Diksi

Beli Domain Banyak Discount

www.domainesia.com

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support

Butuh bantuan kami untuk upload atau kustomisasi Template blog ini? Hubungi Saya dapatkan detail kustomisasi tema yang Anda butuhkan.