Belajar Tema 2 Subtema 2 Kelas 6 Pembelajaran 3

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat
efektif.




Selamat berjumpa, anak-anak!


Lihat pensil warna itu. Berwarna-warni indah sekali. Kadang mereka bekerja sendiri-sendiri, kadang pula menggores bersama dan muncul warna baru. Misalnya warna kuning bercampur biru menjadi hijau, warna merah bercampur biru menjadi ungu, dan seterusnya. Begitulah kita anak-anak, Tuhan menciptakan kita berbeda-beda, tetapi jika kita mau bekerja sama, dunia semakin indah.

Masa pandemi belum berakhir, tetap jaga jarak dan memakai masker.


Dock. shopee.co.id


Masih ingat kalian dengan kalimat efektif?


Pada pelajaran kali ini, setelah membaca uraian, mengerjakan soal lathan dan bertanya jawab dengan guru melalui media sosial atau telepon, kalian diharapkan dapat:
  1. mengidentifikasi kalimat efektif yang disajikan dengan baik
  2. membuat kalimat efektif dengan benar yakni memperhatikan penggunaan tanda baca dan kosa kata baku bahasa Indonesia.


Coba beri tanda centang ( V ) pada kalimat berikut yang merupakan kalimat efektif dan tanda ( X ) jika kalimat tersebut tidak efektif.

(     )   pergi kemarin.
(     )   Kolonel Sudirman gerilya memimpin perang. 
(     )   pertempuran berkobar di ambarawa.
(     )   Air bisa dapat berubah wujud.
(     )   Para siswa-siswa wajib memakai masker.

Mari kita bahas!

X   )   pergi kemarin.

Kalimat ini tidak lengkap, tidak memiliki pokok kalimat. Siapa yang pergi? Tidak jelas, bukan?
Jadi, kalimat tersebut bukan kalimat efektif.


X   )   Kolonel Sudirman gerilya memimpin perang. 

Siapa memimpin perang?
Yang memimpin perang adalah Kolonel Sudirman.

Kolonel Sudirman memimpin apa?
Kolonel Sudirman memimpin perang.

Perang apa?
Perang gerilya.

Jadi kalimat yang benar seharusnya:
Kolonel Sudirman memimpin perang gerilya.


X  )   pertempuran berkobar di ambarawa.

Setiap kalimat harus diawali dengan huruf kapital. Nama kota juga harus ditulis dengan huruf kapital pada awal kata. Jadi, kalimat tersebut tidak efektif.

Agar menjadi efektif, kalimat itu diubah menjadi:
Pertempuran berkobar di Ambarawa.


X )   Air bisa dapat berubah wujud.

Kata bisa sama maknanya dengan dapat. Oleh karena itu, gunakan salah satu.

Agar menjadi efektif, kalimat itu diubah menjadi:
Air dapat berubah wujud.


( X  )   Para siswa-siswa wajib memakai masker.

Siswa-siswa mempunyai makna banyak siswa.

Kata para juga menunjukkan makna banyak pada kata yang mengikutinya. 



Agar menjadi efektif, kalimat itu diubah menjadi:

Para siswa wajib memakai masker.
Siswa-siswa wajib memakai masker.

Soal Latihan 





Anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. 
Semoga pembelajaran hari ini menyenangkan.

Baca kembali materi pelajaran kita hari ini dengan sakasama!


Susanto
Guru kelas 6 SDN Mardiharjo



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut Diksi

Beli Domain Banyak Discount

www.domainesia.com

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support

Butuh bantuan kami untuk upload atau kustomisasi Template blog ini? Hubungi Saya dapatkan detail kustomisasi tema yang Anda butuhkan.