Mengenal Lebih Jauh ASEAN (Kelas 6 Tema 4 Subtema 3)


Selamat berjumpa kembali, anak-anak hebat.

Apa kabar kalian semua?

Mari selalu berdoa kepada Tuhan, allah SWT, semoga tetap sehat. Jangan lupa 3 M, ya!

Mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas
Memakai masker dengan benar
Menjaga jarak dengan sesama sewajarnya

Pada pertemuan kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang ASEAN 

ASEAN memiliki Prinsip yang dipegang teguh yakni :
  • Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, integritas wilayah, dan identitas nasional seluruh negara anggota ASEAN;
  • Komitmen bersama dan tanggung jawab kolektif dalam meningkatkan perdamaian, keamanan, dan kemakmuran di kawasan ASEAN;
  • Menolak agresi, ancaman, penggunaan kekuatan, atau tindakan lainnya dalam bentuk apa pun yang bertentangan dengan hukum internasional;
  • Mengedepankan penyelesaian sengketa secara damai, tidak mencampuri urusan dalam negeri negara anggota ASEAN, dan menghormati kebebasan yang mendasar, pemajuan dan pelindungan hak asasi manusia, serta pemajuan keadilan sosial.

Semboyan ASEAN : Satu Visi, Satu Identitas, Satu Masyarakat

Struktur Organisasi ASEAN

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN adalah pertemuan tingkat tinggi para kepala negara/pemerintahan negara anggota.

Sekretariat ASEAN adalah organ ASEAN yang berfungsi meningkatkan koordinasi antar badan ASEAN dan implementasi berbagai kegiatan dan proyek dalam kerangka kerja sama ASEAN. Sekretariat ASEAN dipimpin oleh Sekretaris Jenderal.



H.E. Lim Jock Hoi, Sekretaris Jenderal ASEAN periode 2018 - 2022 (Foto: Sekretariat ASEAN)

Sekretaris Jenderal ASEAN adalah kepala Sekretariat ASEAN yang diangkat oleh Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN untuk periode lima tahun dan dipilih dari warga negara anggota ASEAN berdasarkan rotasi menurut urutan abjad nama negara dalam bahasa Inggris.

Sekretaris Jenderal ASEAN bertugas membantu pelaksanaan berbagai kesepakatan/keputusan ASEAN serta memantau dan melaporkan perkembangan capaian ASEAN kepada KTT ASEAN. Selain itu, menyampaikan pandangan dan sikap ASEAN kepada eksternal sesuai pedoman kebijakan dan mandatnya.

Sekretaris Jenderal ASEAN periode Januari 2018  Desember 2022 adalah Lim Jock Hoi dari Brunei Darussalam.

Sekretariat ASEAN berada di Jalan Sisingamangaraja Nomor 70A, Jakarta Selatan, Indonesia.

Masyarakat ASEAN

Masyarakat ASEAN adalah kesatuan bangsa Asia Tenggara yang berpandangan keluar, hidup damai, stabil dan makmur, serta terikat bersama dalam kemitraaan pembangunan yang dinamis dan saling peduli.

Pembentukan Masyarakat ASEAN dilatarbelakangi, antara lain, oleh adanya pengaruh negatif krisis ekonomi yang menimpa negara-negara anggota ASEAN pada tahun 1997. Hal itu mendorong ASEAN berinisiatif untuk menciptakan kawasan yang memiliki daya tahan ekonomi. Selain itu, pembentukan Masyarakat ASEAN didorong oleh timbulnya beberapa isu global yang mengganggu stabilitas di kawasan ASEAN, seperti terorisme, perdagangan narkotika, kejahatan lintas batas, dan kelestarian lingkungan hidup.

Dengan latar belakang tersebut, pada 9th ASEAN Summit tahun 2003 di Bali, negara anggota ASEAN menyetujui untuk membentuk Masyarakat ASEAN pada tahun 2020 dengan tiga pilar yakni pilar politik-keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Bendera ASEAN melambangkan ASEAN yang stabil, penuh perdamaian, bersatu, dan dinamis.



Ikatan rumpun padi melambangkan harapan para tokoh pendiri ASEAN agar asosiasi ini secara bersama-sama terikat dalam persahabatan dan kesetiakawanan sosial.

Hitung ada berapa rumpun padi yang diikat, itulah banyaknya anggota ASEAN.

Warna dan Lambang:
Biru melambangkan perdamaian dan stabilitas.
Merah melambangkan semangat dan kedinamisan.
Putih melambangkan kesucian.
Kuning melambangkan kemakmuran.

ASEAN memiliki lagu atau Hymne ASEAN

Hymne ASEAN (ASEAN Anthem) ialah The ASEAN Way yang diciptakan oleh Payom Valaiphatchra dan musiknya oleh Kittikhun Sodpraset dan Sampow Triudom. Ketiganya berkebangsaan Thailand. Lagu ini dipilih melalui kompetisi yang diikuti oleh peserta dari 10 negara anggota ASEAN tahun 2008.




 

Presiden Joko Widodo (baju batik), Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (ketujuh kiri), Sekretaris Jendral ASEAN Le Luong Minh (keenam kiri), serta perwakilan negara anggota ASEAN berfoto bersama dalam acara Peringatan Hari Jadi ASEAN ke-50 di Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta, Jumat (11/8/2017). Dalam acara itu Presiden ingin ASEAN tetap menjaga kesatuan dan sentralitas.

ASEAN memiliki 10 negara anggota, yaitu:

  1. Indonesia (sejak 8 Agustus 1967)
  2. Malaysia (sejak 8 Agustus 1967)
  3. Singapura (sejak 8 Agustus 1967)
  4. Thailand (sejak 8 Agustus 1967)
  5. Filipina (sejak 8 Agustus 1967)
  6. Brunei Darussalam (sejak 8 Januari 1984)
  7. Vietnam (sejak 28 Juli 1995)
  8. Laos (sejak 23 Juli 1997)
  9. Myanmar (sejak 23 Juli 1997)
  10. Kamboja (sejak 30 April 1999)



Masyarakat Ekonomi ASEAN

Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berawal dari kesepakatan para pemimpin ASEAN dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Desember 1997 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kesepakatan ini bertujuan meningkatkan daya saing ASEAN serta bisa menyaingi Tiongkok dan India untuk menarik investasi asing.


Wah, kelihatannya panjang sekali, ya.

Semoga uraian dan gambar pada halaman ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang bentuk kerja sama negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Sebuah kawasan dari benua Asia, benua terbesar di dunia.


Di mana letak negara-negara ASEAN?




Anak-anak yuk bermain kuis dengan bergabung di


joinmyquiz.com

dan masukkan kode ini (catat di kertas atau di copy)

07783000







Selamat belajar!



























 
Share:

2 komentar:

  1. Izin bertanya bapak, dalam menyajikan materi apakah harus memuat semua KD dalam mupel pembelajaran atau disajikan materi secara global saja?

    BalasHapus
  2. Semoga Asean makin solid, dan berperan diberbagai percaturan dunia dan menentukan

    BalasHapus

Pengikut Diksi

Beli Domain Banyak Discount

www.domainesia.com

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support

Butuh bantuan kami untuk upload atau kustomisasi Template blog ini? Hubungi Saya dapatkan detail kustomisasi tema yang Anda butuhkan.