Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 (IPS & PPKn)

Manfaat Pemenuhan Hak Warga Negara

Kalian bersekolah di mana? Adakah yang melarang kalian bersekolah? Kalian bahkan diwajibkan untuk mengenyam pendidikan. Selain kewajiban, memperoleh pendidikan adalah hak kalian sebagai warga negara. Kamu bersama teman-temanmu berhak menjadi generasi yang pandai dan cerdas. Itulah salah satu manfaat pemenuhan hak warga negara.

Jika kalian punya, buka halaman 59 Buku Tema 6 Subtema 2. Di sana kalian akan temuai bacaan sebagai berikut.

 

Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang
dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.

Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.

Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.

Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam ke hidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta ke hidupan yang harmonis antar warga negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.

Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta kesejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan
umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.

 

Berdasarkan bacaan di atas, kita dapat menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini.

  1. Apa maksud dari kalimat melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang?
  2. Apa salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran? 
  3. Di mana tercantum tujuan nasional bangsa Indonesia?
  4. Apa manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan?
  5. Apa manfaat atas pemenuhan hak atas perlindungan hukum?
  6. Apa yang terjadi bila keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam ke hidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara terwujud?
  7. Apa manfaat atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan?

 


Nah, anak-anak! Pada dasarnya, pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah dalam mencapai
tujuan nasional.

Pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia sebagai upaya pencapaian tujuan nasional juga menjadi cara ampuh untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengapa demikian?

 

Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama tanpa kecuali. Persamaan hak antarwarga negara ini dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Dengan dilaksanakannya hak-hak warga negara Indonesia
secara seimbang diharapkan tidak terjadi perpecahan antarwarga negara Indonesia sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Contohnya melestarikan budaya daerah sebagai akar budaya nasional, berkompetisi dalam meraih prestasi, menggunakan produk buatan dalam negeri, menghormati antarsesama, serta menaati peraturan yang berlaku.

Mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia tidak harus kamu lakukan dengan angkat senjata. Mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat. Selain itu, tindakan berupa menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.

Menjaga kemerdekaan Indonesia harga mati dan tidak bisa ditawar. Semua warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara Indonesia. “Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh” merupakan slogan yang tepat untuk kita bersatu padu menjaga keutuhan dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Dari bacaan di atas, kita mengetahui cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan. Apa saja itu?

Jawab:

1. ...................................................................................................

2. ...................................................................................................

3. ...................................................................................................

4. ...................................................................................................

5. ...................................................................................................

6. ...................................................................................................

7. ...................................................................................................

8. ...................................................................................................

9. ...................................................................................................

10. ...................................................................................................

 


Nah, dari sepuluh jawaban cara-cara mempertahankan kemerdekaan, amati dan catat perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Misalnya nomor satu, menjunjung tinggi persamaan hak antarwarga negara agar tidak terjadi perpecahan antarwarga negara Indonesia. apa perilaku masyarakat yang ada di sekitarmua? 

  • Tidak memutar lagu atau musi dengan suara yang keras.
  • Tidak melarang anak tetangga mengaji di mushalla

 

Anak-anak, demikian pelajaran kita hari ini, selamat beristirahat. Jangan lupa kunjungi kembali dan baca berulang-ulang materi kali ini agar kalian paham!

 

Untuk menjawab pertanyaan dan isian di atas, kalian dapat menemukannya di SINI.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut Diksi

Beli Domain Banyak Discount

www.domainesia.com

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support

Butuh bantuan kami untuk upload atau kustomisasi Template blog ini? Hubungi Saya dapatkan detail kustomisasi tema yang Anda butuhkan.