Dampingi Ketua Bidang Organisasi pada Konfercab III PGRI Kecamatan Tuah Negeri


Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi mewakili Ketua PGRI 
Kabuapten Musi Rawas membuka Konferensi (Dok. Pribadi)


Konferensi Cabang PGRI adalah rangkaian kegiatan sesudah Konferensi Kabupaten PGRI. Sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, paling lama enam bulan sesudah konferensi kabupaten dilaksanakan, pengurus cabang menyelenggarakan konferensi untuk memilih kepengurusan yang baru.

Konferensi Kabupaten PGRI Musi Rawas telah digelar pada tanggal 21 Desember 2021. Oleh karena itu, paling lambat bulan Juni, pengurus cabang yang berada di kecamatan se-kabupaten Musi Rawas harus sudah melaksanakan Konferensi Cabang. Namun, kalender pendidikan pada bulan April hingga Juni padat dengan dengan kegiatan kurikuler di sekolah.

Selain itu, bulan puasa dan peringatan hari raya idul fitri juga terjadi pada rentang bulan tersebut. Oleh karena itu, sangat bijaksana jika para pengurus cabang berkoordinasi dengan pengurus kabupaten merencanakan menggelar konfrensi cabang pada bulan Februari hingga Maret secara maraton di 14 kecamatan yang ada di Musi Rawas.

Pada hari Sabtu, 27 Februari 2021, bertempat di SMP Negeri Simpang Semambang Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas, Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Tuah Negeri Masa bakti II Tahun 2015-2020 menggelar Konferensi Cabang. 

Menurut pasal 40 ayat 3 anggaran Rumah Tangga hasil Kongres XXII PGRI, pemilihan Pengurus Cabang/Cabang Khusus dipimpin oleh Pengurus Kabupaten/Kabupaten Administras/Kota/Kota Administrasi. Sehubungan pada hari yang sama diselenggarakan Konfercab di 4 kecamatan, Jayaloka, Sukakarya, Tuah Negeri, dan Selangit maka beberapa pengurus kabupaten diberi tugas untuk melaksanakan pemilihan pengurus cabang. 


Penyerahan palu sidang kepada Pengurus PGRI Kabupaten (Dok. Pribadi)


Wakil Ketua I,  Efran Haryadi, S.Pd. pada saat itu tidak bisa hadir. Beliau seharusnya bersama Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi, Suyamto, S.IP., S.Pd. menjadi paitia pengarah dan memimpin jalannya pemilihan. Karena Wakil Ketua I absen, akhirnya saya menemani Ketua Bidang organisasi dan kaderisasi menjadi panitia pengarah sekaligus memimpin jalannya pemilihan pengurus cabang PGRI Tuah Negeri masa Bakti 2020-2025. 

Hadir di sela-sela acara, Ketua PGRI Kabupaten Musi Rawas, Raslim, S.Pd. Sebelumnya beliau meninjau konferensi yang sama di Kecamatan Sukakarya. Setelah menempuh jarak kurang lebih 14 kilometer, Ketua PGRI Musi Rawas sampai di SMPN Simpang Semambang. Beliau memberikan sambutan dan pengarahan kepada peserta konferensi di SMP Negeri kebanggan masyarakat Tuah Negeri. 

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Pengurus PGRI Kabupaten Musi Rawas masa bakti 2020-2025 saat ini mengedepankan pembagian tugas sesuai tupoksi kepengurusan. Selain itu pengurus pun mengedepankan kolaborasi antarpengurus dan antara pengurus kabupaten dan pengurus cabang di tiap kecamatan.

“Oleh karena itu, pengurus baru hasil konferensi cabang pada setiap kecamatan tidak harus dilantik langsung oleh Ketua PGRI Kabupaten.  Namun demikian, hal itu tidak mengurangi keabsahan dan kekhidmatan konferensi,” imbuhnya.

Ketua PGRI tidak terlalu lama mengunjungi kami karena sudah ditunggu di lokasi keempat yakni Kecamatan Selangit yang berjarak lebih kurang  94 km dari tempat kami melaksanakan kegiatan. 



Ketua PGRI Kabupaten Musi Rawas (duduk paling kanan) sebelum meberikan sambutan. (Dok. Pribadi)


Pemungutan suara untuk memilih pengurus cabang PGRI kecamatan dilakukan dengan mengisi kartu F1, F2, dan F3. Kartu F1 berwarna merah untuk memilih ketua. Kartu F2 berwarna kuning digunakan untuk memilih wakil ketua. Sedangkan kartu F3 berwarna hijau untuk memilih sekretaris. Pemilihan dipimpin oleh pengurus PGRI Kabupaten yang bertindak selaku pimpinan sidang pleno. 



Setelah dilakukan penghitungan suara, terpilih 3 orang pengurus yaitu: Ketua Terpilih adalah Irsan Heryadi, S.Pd.I, Wakil Ketua adalah Suryadi Widodo, S.Pd., dan Sekretaris Terpilih adalah Siti Yulianti, S.Pd.SD. Ketiga orang tersebut didampingi Pengurus Kabupaten dan seorang pengurus cabang periode sebelumnya menyusun formatur.


Pengurus Terpilih mengucapkan janji dan dilantik oleh Pengurus PGRI Kabupaten Musi Rawas (Dok.Pribadi)

Setelah susunan formatur disepakati dan keterwakilan perempuan paling kurang 30% sudah terpenuhi, sidang pleno ketiga dilanjutkan. Pada akhirnya, para pengurus mengucapkan janji di hadapan peserta konferensi dan dilanjutkan dengan pelantikan. 

Konferensi cabang PGRI di masa pandemi berlangsung singkat dengan peserta terbatas namun berhasil menghasilkan kepengurusan yang sah sesuai AD/ART organisasi. Selamat bekerja para pengurus cabang PGRI Tuah Negeri dan terima kasih kepada para pengurus periode sebelumnya. 


Salam blogger sehat 
PakDSus
Blogger Guru Musi Rawas 
Share:

6 komentar:

  1. Terima kasih Pak D telah mendampingi Yang Mulia Bapak Suyamto dalam Konfercab PGRI Kec. Tuah Negeri masa Bhakti 2020-2025.

    BalasHapus
  2. Oo..gitu to pak proses pemilihannya, saya tidak tau prosesnya tiba2 tau hasilnya....semangat dan zelamat berbuat baik pak😁

    BalasHapus
  3. Selamat ya Pak D.. ternyata kemarin2 sedang sibuk memyiapkan konfercab yah?

    BalasHapus
  4. Selamat menjalankan tugas utk 5 th kedepan.PGRI YESS,YESS,YESS

    BalasHapus

Pengikut Diksi

Beli Domain Banyak Discount

www.domainesia.com

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support

Butuh bantuan kami untuk upload atau kustomisasi Template blog ini? Hubungi Saya dapatkan detail kustomisasi tema yang Anda butuhkan.