• Diksi 1

    Halaman SDN Mardiharjo Musi Rawas

  • Diksi 2

    SMP Terbuka TKB Batu Kucing Musi Rawas (Sekarang, Musi Rawas Utara)

  • Diksi 3

    Indahnya Negeriku

  • Diksi 4

    Dunia yang Kecil

  • Diksi 5

    Kota Kenangan

Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 (SBdP dan IPA)

 

Pembelajaran 4

Sebelum melanjutkan, jika anak-anak dapat membuka materi tentang reklame pelajaran sebelumnya di sini.

Masih ingat, bukan?

Reklame adalah cara untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk atau kegiatan tertentu kepada masyarakat.

Kalian dapat membuka halaman 104 sampai 106 buku Tematikmu!

Lihatlah gambar-gambar reklame berikut dan akan kita analisis isinya!

Gambar 1

Ada tulisan apa pada reklame di atas?

Ya, Selamatakan anak-anak kita dari BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA 

Reklame tersebut berisi pesan apa?

Reklame tersebut berisi pesan untuk melindungi anak-anak dari bahaya penyalhgunaan narkoba.

 

Gambar 2

Gambar dan tulisan apa saja pada reklame di atas?

Ya, pada reklame di atas terdapat gambar seorang ibu yang sedang memasak, tulisan: "Bijak Memilih Makanan", dan peringatan jika kelebihan bahan makanan.

Apa pesan atau isi reklame tersebut?

Reklame tersebut berisi imbauan bijaksana untuk memilih makanan.

 

Gambar 3

Gambar dan tulisan apa yang terdapat pada reklame di atas?

Ya, ada gambar rokok yang dipadamkan dan tulisan "Matikan rokok Anda sekarang sebelum rokok mematikan Anda dan Keluarga Anda"

Apa pesan atau isi reklame tersebut?

Lanjutkan kalimat ini!

Reklame tersebut berisi .......................................................................... 

 

Gambar 4

Gambar dan tulisan apa yang terdapat pada reklame di atas?

Ya, ada gambar nyamuk yang dicoret garis merah. Terdapat juga tulisan 3 M Plussssss. Juga terdapat tulisan besar berbunyi "PERANGI NYAMUK DENGAN TEPAT"

Apa pesan atau isi reklame tersebut?

Reklame tersebut berisi pencegahan penyakit demam berdarah.

 

Gambar 5

Gambar dan tulisan apa yang terdapat pada reklame di atas?

Ya, ada gambar bayi dan anak-anak.

Apa pesan atau isi reklame tersebut?

Reklame tersebut berisi ajakan mengikuti lomba balita sehat. 

 

Anak-anak kelas 6 yang hebat!

Reklame di atas menarik, bukan? Sebuah reklame menarik jika berisi informasi dan gambar yang menarik. Tulisan dan gambar yang menarik  akan membuat orang-orang ingin melihat atau mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan, ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan.

 

Anak-anak yang baik, pada pembelajaran 2, kamu sudah mengetahui bahwa reklame ada bermacam-macam di antaranya ada reklame media visual seperti pada gambar di atas. Berdasarkan pemasangannya, reklame media visual ada yang dipasang di luar ruang.

Contoh reklame media visual yang dipasang di luar ruang yaitu baliho. Baliho dapat digunakan sebagai media promosi atau pengiklanan suatu produk baru dan dapat juga digunakan sebagai media pemberitaan kegiatan tertentu.

Pernahkah kamu melihat bentuk baliho? 

 

Sebelum kita membuat baliho, kalian adalah anak-anak kelas enam yang beranjak memasuki usia pubertas. Bahkan, di antara kalian sudah puber ya? 

Ini pengakuan beberapa temanmu!

https://arju01.blogspot.com/2021/01/aku-dan-masa-pubertas.html 

https://evamelinda20.blogspot.com/2021/01/aku-dan-masa-pubertas.html

https://khoirul-anam-78.blogspot.com/2021/01/aku-dan-masa-pubertasku.html 

 

Kalian juga bisa membuat blog seperti teman-temanmu itu. Yang penting kalian memiliki email google (bisa meminta kepada orang tuamu) lalu menginstal aplikasi blogger dan ingat-ingat kata sandinya!

 

Sebagai anak yang memasuki usia pubertas, kalian harus menjaga kebersihan dan kesehatan diri kalian masing-masing.

Pada buku tematik halaman 107 ada tugas untuk membuat baliho sederhana tentang pemberitaan hidup sehat supaya sejahtera.

1. Carilah gambar baliho. Kemudian tempel pada kotak berikut.

Kalian bisa mencari contoh baliho.

2. Apa yang akan kamu tuliskan dan gambarkan jika kamu diminta membuat baliho sederhana tentang pemberitaan hidup sehat supaya sejahtera?

Kalian dapat menuliskan apa saja, lihat reklame pada gambar di atas!

3. Gambarkan rancangan baliho tentang pemberitaan hidup sehat supaya sejahtera. Kamu dapat mencari gambar-gambar di media cetak maupun internet untuk mendukung rancanganmu. Gambar-gambar dapat digunakan dengan cara teknik montase. Buatlah rancangannya pada selembar kertas.

Untuk tugas ini, nanti dibiccarakan dengan Pak Guru atau Bu Guru di kelas. 

 

Anak-anak, bacalah berulang-ulang materi di atas. Jika ada yang belum dipahami, silakan hubungi guru atau orang tuamu!

 

Tugas

Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Jelaskan pengertian reklame!
2. Apa syarat agar reklame menarik?
3. Mengapa reklame harus dibuat dengan tulisan dan gambar yang menarik?
4. Apa saja fungsi baliho?

Tulis soal dan jawabannya, kemudian kalian foto. Lalu tunjukkan pada orang tua/wali dan gurumu!

 

 


 

 Selamat belajar, ya!


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk Guru

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan kegiatan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan isi reklame dengan tepat.
2. Dengan kegiatan berlatih, siswa dapat membuat gambar rancangan baliho dengan terampil.
3. Dengan kegiatan menulis, siswa dapat menuliskan ciri-ciri masa pubertas pada anak laki-laki dan perempuan dengan tepat.

Share:

Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat (Kelas 6 Tema 6 ST 2 Pb. 1)

 

Soal Latihan

Isilah dengan jawaban yang benar!

1. Melakukan usaha yang terbaik untuk mengelola keluarganya agar rumah dan anggota keluarganya dapat melakukan semua kegiatannya dengan baik adalah tanggung jawab ....

2. Bukti bahwa kalian siswa yang bertanggung jawab melaksanakan kegiatan belajar secara daring misalnya ....

3. Contoh tanggung jawab pada diri sendiri adalah ....

4. Menjaga kebersihan rumah menjadi tanggung jawab ....

5. Menjaga kebersihan, membayar iuran RT, menjaga keamanan lingkungan adalah contoh tanggung jawab di ….


Jawaban

1. ibu rumah tangga

2. absen daring, mengirimkan foto, mengirimkan jawaban, 

3. menjaga kebersihan badan, pakaian, dan menjaga kesehatan badan.

4. seluruh anggota rumah tangga.

5. lingkungan masyarakat.

Share:

Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pebelajaran 4 (SBdP) Kunci SBdP dari Blogsusanto

 Halo, anak-anak kelas 6!

Sudah memelajari Tema 6 Subtema 2 Pmbelajaran 4 (SBdP)? Seru, ya cerita tentang tati kreasi daerah.

Berikut Jawaban pertanyaan pada https://blogsusanto.com/2021/01/22/kelas-6-tema-6-subtema-2-pembelajaran-4-sbdp/

Setelah menonton video tersebut, coba jawab pertanyaan di bawah ini!  

  1. Jelaskan pengertian tari kreasi itu!
  2. Apakah tari kreasi memiliki aturan tertentu?
  3. Sebutkan 3 jenis tari kreasi!
  4. Jelaskan pengertian tari kreasi daerah!
  5. Coba sebutkan tari kreasi daerah tunggal yang kalian ketahui!
  6. Disebut apakah tari kreasi yang dilakukan oleh dua orang penari?
  7. Sebutkan 3 contoh tari kreasi yang dilakukan berpasangan!
JAWABAN

1. Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan pengembangan dari gerak tari tradisional.

2. Tidak

3. Tiga jenis tari kreasi

          a. Tari Kreasi Daerah
          b. Tari Kreasi moderen
          c. Tari Kreasi Kontemporer

4. Tari kerasi daerah yaitu tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, maupun aspek lainnya tetapi masih dalam konteks tari daerah tersebut

5. Contoh tari kreasi daerah tunggal misalnya
     a. Tar Gambir anom dari Jawa Tengah


https://gasbanter.com/tari-gambir-anom/


     b. Tari Trunajaya dari Bali 

Tari Trunajaya – Sumber : Youtube @Pregina Bali



     c. Tari Jaipong dari Jawa Barat

https://mitrapol.com/2018/10/15/lewat-dunia-maya-tarian-jaipong-mendunia/

     d. Tari Pendet dari Bali

https://news.detik.com/berita/d-1187647/tari-pendet-tarian-upacara-berumur-ratusan-tahun




     e. Tari Kandagan dari Jawa Barat

https://auliassftri.wordpress.com/2018/04/14/tari-kandagan-jawa-barat/


     f. Tari Remo dari Jawa Timur

https://ujiansma.com/tari-remong-jawa-timur


6. Tari Kreasi Berpasangan


7.  Contoh Tari Kresi Berpasangan

     a. Tari Serampang 12 (Sumatera Utara)

https://www.gapuranews.com/festival-tari-serampang-dua-belas-se-nusantara-2014/



     b. Tari Legong dari Bali


https://indonesia.go.id/ragam/seni/seni/tari-legong-dari-ritual-ke-hiburan



     c. Tari Bambangan Cakil dari Jawa Tengah

https://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Bambangan_Cakil



Contoh video dari tari-tari tersebut dapat kalian lihat pada channel youtube dengan menulis pada kolom pencarian, nama tari yang ingin dilihat.

Jangan lupa, setelah mengerjakan, kalian laporkan kepada orang tua dan guru



SELAMAT BELAJAR






 
Share:

Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 (IPS & PPKn)

Manfaat Pemenuhan Hak Warga Negara

Kalian bersekolah di mana? Adakah yang melarang kalian bersekolah? Kalian bahkan diwajibkan untuk mengenyam pendidikan. Selain kewajiban, memperoleh pendidikan adalah hak kalian sebagai warga negara. Kamu bersama teman-temanmu berhak menjadi generasi yang pandai dan cerdas. Itulah salah satu manfaat pemenuhan hak warga negara.

Jika kalian punya, buka halaman 59 Buku Tema 6 Subtema 2. Di sana kalian akan temuai bacaan sebagai berikut.

 

Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang
dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.

Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.

Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.

Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam ke hidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta ke hidupan yang harmonis antar warga negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.

Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta kesejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan
umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.

 

Berdasarkan bacaan di atas, kita dapat menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini.

  1. Apa maksud dari kalimat melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang?
  2. Apa salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran? 
  3. Di mana tercantum tujuan nasional bangsa Indonesia?
  4. Apa manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan?
  5. Apa manfaat atas pemenuhan hak atas perlindungan hukum?
  6. Apa yang terjadi bila keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam ke hidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara terwujud?
  7. Apa manfaat atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan?

 


Nah, anak-anak! Pada dasarnya, pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah dalam mencapai
tujuan nasional.

Pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia sebagai upaya pencapaian tujuan nasional juga menjadi cara ampuh untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengapa demikian?

 

Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama tanpa kecuali. Persamaan hak antarwarga negara ini dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Dengan dilaksanakannya hak-hak warga negara Indonesia
secara seimbang diharapkan tidak terjadi perpecahan antarwarga negara Indonesia sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Contohnya melestarikan budaya daerah sebagai akar budaya nasional, berkompetisi dalam meraih prestasi, menggunakan produk buatan dalam negeri, menghormati antarsesama, serta menaati peraturan yang berlaku.

Mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia tidak harus kamu lakukan dengan angkat senjata. Mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat. Selain itu, tindakan berupa menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.

Menjaga kemerdekaan Indonesia harga mati dan tidak bisa ditawar. Semua warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara Indonesia. “Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh” merupakan slogan yang tepat untuk kita bersatu padu menjaga keutuhan dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Dari bacaan di atas, kita mengetahui cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan. Apa saja itu?

Jawab:

1. ...................................................................................................

2. ...................................................................................................

3. ...................................................................................................

4. ...................................................................................................

5. ...................................................................................................

6. ...................................................................................................

7. ...................................................................................................

8. ...................................................................................................

9. ...................................................................................................

10. ...................................................................................................

 


Nah, dari sepuluh jawaban cara-cara mempertahankan kemerdekaan, amati dan catat perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Misalnya nomor satu, menjunjung tinggi persamaan hak antarwarga negara agar tidak terjadi perpecahan antarwarga negara Indonesia. apa perilaku masyarakat yang ada di sekitarmua? 

  • Tidak memutar lagu atau musi dengan suara yang keras.
  • Tidak melarang anak tetangga mengaji di mushalla

 

Anak-anak, demikian pelajaran kita hari ini, selamat beristirahat. Jangan lupa kunjungi kembali dan baca berulang-ulang materi kali ini agar kalian paham!

 

Untuk menjawab pertanyaan dan isian di atas, kalian dapat menemukannya di SINI.

Share:

Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 6 (PPKn dan SBdP)

Selamat berjumpa lagi, Anak-anak.


PPKn

Coba cermati video berikut ini, lalu anda rangkum agar bisa menjawab pertanyaan.


  1. Apa saja contoh kewajiban di rumah?
  2. Apa saja contoh kewajiban di sekolah?
  3. Apa saja contoh kewajiban sebagai warga negara?
  4. Apa manfaat melaksanakan kewajiban di rumah?
  5. Apa manfaat melaksanakan kewajiban di sekolah?
  6. Apa manfaat melaksanakan kewajiban sebagai warga negara?


Setelah Anda jawab, foto jawaban Anda, tunjukkan kepada orang tua lalu kirimkan kepada gurumu!


SBdP

Materi pelajaran SBdP dapat kalian buka di SINI. (tulisan ini diklik)


Selamat belajar!

Share:

Latihan Ulangan Matematika Kelas 6 (Kurikulum Kondisi Khusus)

Ulangan matematika sebelum melanjutkan ke materi berkutnya perlu dilakukan. Anak-anak akan mengetahui sampai di mana pencapaian kompetensi seperti yang sudah dipelajari.

Berikut soal ulangan matematika “Mengenal Bangun Ruang”.




Ingin mengingat kembali materi pelajaran Matematika tentang "Mengenal bangun Ruang"? Silakan buka materi dan soal tanpa jawabannya di SINI





Share:

Soal Ulangan Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Muatan Pembelajaran IPA

Soal Ulangan Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Muatan Pembelajaran IPA


Anak-anak berikut ini soal latihan ulangan harian Muatan Pelajaran IPA

KD 

3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
4.2 Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami 

Kalian boleh mencatatnya di Buku Catatan. 









Setelah anda kerjakan, silakan periksa dengan melihat jawabannya di sini

Anda juga bisa bermain dengan gawaimu bermain quizizz dengan soal di atas. Yuk ikut kuisnya di sini: https://quizizz.com/join?gc=42764724


Lewat tanggal 16 Januari 2021 mungkin kuisnya sudah kedaluwarsa. Jika menginginkan lagi, silakan buat permintaan di kolom komentar, nanti setelan akan diubah.

Share:

Pengikut Diksi

Beli Domain Banyak Discount

www.domainesia.com

Postingan Populer

Recent Posts

Theme Support

Butuh bantuan kami untuk upload atau kustomisasi Template blog ini? Hubungi Saya dapatkan detail kustomisasi tema yang Anda butuhkan.